Belajar Query My SQL Singkat Padat


Pengantar my SQL

pendahuluan artikel ini menjelaskan secara singkat tentang my SQL  pengertian database dan berbagai istilah terkait Selain itu bab ini juga mengupas teknik normalisasi yang dapat dipakai untuk menyusun tabel dengan benar.

Sekilas tentang my SQL


My SQL merupakan software yang tergolong sebagai dbms yang artinya database management System yang bersifat open source.
Open source menyatakan bahwa software ini dilengkapi dengan source code atau tidak dipakai untuk membuat  my SQL Selain itu tentu saja bentuk  executable nya yang dapat  dijalankan secara langsung dalam sistem operasi, Dan bisa diperoleh dengan cara mendownload dari internet secara free atau gratis.


Awalnya dibuat oleh perusahaan konsultan yang bernama TcX  yang lokasinya di Swedia saat ini pengembangan my SQL berada di bawah  perusahaan my SQL.

Adapun software dapat diunduh Di situsnya yaitu mySQL.com
Sebagai software DBMS my SQL mempunyai jumlah fitur seperti yang dijelaskan di bawah ini:

Platform

My SQL ini tersedia di berbagai platform yaitu Windows Linux unix dan lain-lainnya.
Anda cepat dan mudah digunakan Maya SQL tergolong sebagai database server.
Ini disebut server yang melayani permintaan terhadap database. Menangani database yang besar dan kecepatan tinggi mendukung banyak sekali fungsi untuk mengakses database dan sekaligus mudah untuk digunakan.


Pendukung juga tersedia walaupun dibuat oleh pihak lain, diketahui juga manusia dapat menangani sebuah tabel yang berukuran dalam terabyte yang sesungguhnya sangat terkandung pada petasan sistem operasi Sebagai contoh pada sistem Solaris 9/10 batasan ukuran file sebesar 16 terabyte.

Jaminan keamanan akses

My SQL mendukung penanganan database dengan berbagai kriteria pengaksesan untuk sebagai gambaran dimungkinkan untuk mengatur user tertentu agar bisa mengakses data yang bersifat rahasia pegawai, Sedangkan user lain tidak boleh.

Saya juga mendukung konektivitas ke berbagai software sebagai contoh dengan menggunakan ODBC disebut juga Open database connectivity, data PES yang di tangani my SQL dapat diakses melalui program yang dibuat dengan Visual Basic juga mendukung program client yang berbasis Java untuk berkomunikasi dengan database my SQL melalui jdbc kata lain Java database conectivity.
My SQL juga bisa diakses melalui aplikasi berbasis web misalnya dengan menggunakan PHP atau hypertext preprocessor.

Dukungan SQL

Seperti tersirat dalam namanya my SQL mendukung perintah SQL sebagaimana diketahui SQL merupakan standar dalam pengaksesan database relasional SQL akan mempermudah siapapun untuk menggunakan my SQL.

Pengertian Database Relasional

Secara umum database berarti koleksi data yang saling terkait atau berelasi secara praktis nya basis data atau database dapat dianggap sebagai suatu penyusunan data yang terstruktur yang disimpan dalam media pengingat atau hardisk yang tujuannya ialah agar data tersebut dapat diakses dengan mudah dan cepat.

Sesungguhnya ada beberapa macam database antara lain seperti database hirarki database jaringan dan database relasional.

Database relasional merupakan database yang populer saat ini diterapkan pada  berbagai platform dari PC hingga Mini komputer.

Sebuah database relasional tersusun atas sejumlah tabel sebagai contoh database akademis mencakup tabel tabel seperti dosen mahasiswa KRS nilai-nilai dan yang lainnya.
Basis data tentang bintang film bisa mencakup sesuai info fil yaitu nama jenis kelamin tanggal lahir dan lain-lainnya.



Istilah tabel baris dan kolom dalam terminologi database relasional dikenal istilah seperti tabel baris dan kolom biasanya juga relasi menyatakan bentuk berdimensi yang mewakili suatu kelompok data yang sejenis Sebagai contoh pada gambar dibawah memperlihatkan keberadaan tiga buah tabel ketiga tabel tersebut membentuk sebuah database tentang bintang film.



Buat tabel berisi sejumlah kolom Sebagai contoh pada tabel yang berisi informasi pribadi masing-masing bintang film terdapat kata dengan nama: ID, nama, tanggal lahir, dan jenis kelamin.

Masing-masing data tersebut disebut sebagai kolom atau file sederhananya akan berbaris mendatar jika bisa disebut dengan sederhananya adalah kolom.

Secara individual data-id nama tanggal lahir dan jenis kelamin adalah nama-nama kolom dan sebaiknya pasangan data yang mencakup Kode bintang film nama bintang film tanggal lahir bintang film dan jenis kelamin bintang film disebut baris atau record atau juga Tupel



Basic SQL for Data Science


Selamat datang di newsberitahu.blogspot.com sesi kali ini saya akan menuliskan beberapa Basic SQL for Data Science.

Pembahasan nya diantaranya adalah te1ntang queri SQL sebagai dasar untuk menuju pembelajaran data science.

Pertama saya akan sedikit share yaitu :


Apakah SQL itu?

Kenapa SQL begitu penting?

Bagai mana menggunakan SQL?

Sebelum membahas SQL teman-teman semua sudah sering mendengarkan tentang  SQL database dan query Mari kita Satukan pemahaman dulu apa sih istilah dari kedua tersebut.

Database dikenal dengan bahasan Indonesia yaitu informasi atau data yang disimpan secara sistematik di dalam sistem komputer secara sederhana kita dapat mengatakan semua data yang kita punya berada di dalam database .

Selanjutnya Bagaimana sih cara untuk mengakses data dari dalam database Untuk itu kita perlu mengenal yang namanya query.

Query adalah request atau permintaan akan informasi yang tersimpan di dalam database.Untuk di implementasikan pakai contoh saat kita memesan makanan di warung makan kita memesan makanan dengan sambal dan tidak dan juga kita bisa memesan minuman berbagai macam yang disediakan di warung makan tersebut Itulah contoh sederhananya.

Dari gambar diatas tersebut merupakan query sarana kita untuk mengatakan kondisi kondisi apa yang kita inginkan dari data yang kita ambil dari database.

Umum digunakan dalam data Scientist adalah SQL.SQL itu merupakan singkatan dari  strucktured query language dan SQL merupakan sebuah bahasa untuk berkomunikasi dengan database data-data yang akan kita analisis.

Sql dapat kita gunakan  untuk menarik data dari database yang bertipe rdbms atau disebut relationship database system bahasa  SQL dapat digunakan untuk memanipulasi data CRUD.

CRUD  ini disebut  create, read, update, delete. Data yang ada di dalam rdbms di  simpan sebagai sebuah tabel konsepnya sama seperti tabel yang kita pelajari dulu saat di bangku sekolah agar kita lebih mudah memahami table di SQL kita lihat contoh tabel berikut:




Yang akan kita bahas adalah tentang table yang pertama table harus memiliki nama.Dan nama table di atas adalah tabel produk kebiasaan yang berlaku adalah nama tabel ditulis dengan huruf kecil semua apabila menggunakan spasi ditulis dengan sambung underscore atau garisbawah.

Selanjutnya table harus memiliki field dalam contoh ini tabel memiliki 5 contoh field. Product id,  name,  categories, price, stock. Seperti yang dilihat kita bisa analogikan nama kolom-kolom yang ada pada table.

Selanjutnya satu baris horizontal disebut row atau record

Dalam tabel produk ini terdapat 10 buah row. Seperti itulah gambaran umum data table kita di disimpan di dalam database system tetapi di dunia nyata seorang data Scientist bekerja dengan banyak table menghubungkan data dari satu table dengan table yang lainnya atau relation yaitu menghubungkan data dari satu table dengan table lainnya. Misalnya tabel produk ini akan dihubungkan dengan tabel lain untuk bisa menganalisa dari masing-masing produk semua hal tersebut dapat kita lakukan dengan menggunakan SQL.

kira-kira seperti itu basic SQL for data science selanjutnya nanti saya akan share juga tentang  query dari SQL untuk mengambil data dari tabel.


Query SQL Yang Sering di Gunakan Di DATABASE


Dalam artikel ini saya akan share tentang penggunaan query SQL yaitu select, From, where, limit.


Mari kita simak sampai bawa artikel agar kita paham ya gaes..dengan apa yang saya share di sini.
Untuk mengambil data didalam database SQL misalnya kita membuat tabel produk akan mengambil semua datanya kita bisa menggunakan  query:




Sintak di atas adalah untuk mengambil semua data di dalam tabel produk.
Lalu seperti apa jika kita menginginkan 3 produk saja sintaknya seperti gambar dibawah ini:





Seperti diatas hanya keluar 3 record data dari tabel produk.
Lalu selanjutnya Bagaimana cara menampilkan hanya field name dan kategori saja Misalnya Mari simak contoh gambar berikut:



Nah sekarang bagaimana kalau kita mengambil data semua kategori saja silakan lihat gambar di bawah ini:



Kalau kita akan mencoba untuk melihat kategori yang berbeda saja maksudnya disini adalah jika handphone ada beberapa di dalam kategori akan muncul satu saja muncul Satu Nama jika ada kesamaan nama di dalam kategori Contohnya seperti gambar berikut:


Lalu bagaimana kita mengeluarkan data yang handphone semua kita bisa menggunakan atau menambahkan were pada  query sebagai contoh lihat gambar dibawah ini:





Berhubung handphone ini adalah tipe datanya teks kita harus menambahkan "satu diantara nama handphone tersebut selanjutnya Bagaimana caranya kita mengambil data  kategori selain handphone  kita bisa menambahkan (!) sebelum  tanda = . Contohnya seperti gambar berikut:


Selanjutnya Jika kita ingin mengetahui stok produk dari tabel produk yang lebih dari 3 stoknya maka kita akan mencoba query gambar berikut ini:


Untuk tambahan karena stok lebih besar daripada 3 karena 3 itu tipe data numerik jadi kita tidak akan menambahkan tanda kutip diantara numerik angka 3 tersebut.

Dan jika kita ingin menampilkan data kategori yang stoknya 3 ingin ditampilkan maka kita akan menambahkan = tanggal 3 dan sesudah stock lebih besarnya.

Dan jika sebaliknya kita ingin menampilkan data dari tabel produk yang stoknya kurang dari 3 maka kita akan mengganti kuali lebih besar menjadi kurang dari sebelum angka 3.
Dari atas sampai sekarang ini kita hanya memakai satu karakteristik saja.

Lalu Bagaimana kalau kita ingin menampilkan kategori yang lebih dari 1 misalnya kita akan menampilkan nama kategori komputer dan handphone mengambil dari tabel produk gambarnya sebagai berikut:



Kemudian Bagaimana sih caranya untuk mengetahui laptop atau nama laptop dari masing-masing laptop itu kan banyak seri banyak tipenya dari nama tabel produk tersebut untuk mencarinya  karena operator in tidak lagi efektif untuk mengambil data tersebut  maka mengambil datanya kita bisa menggunakan query sebagai berikut seperti pada gambar:





Apa sih artinya tanda persen seperti gambar di atas artinya adalah kata laptop boleh diikuti oleh kata apapun tanda persen itu sendiri bisa digunakan setelah nama produk atau sebelum nama produk atau bisa juga digunakan dalam Tengah teks tanda persen Seperti di atas bisa muncul berkali-kali
demikian share query dari saya , untuk selanjut nya saya akan share operator logika pada SQL.
sampai jumpa di newsberitahu.blogspot,com


Simple dan mudah  Belajar Operator Logika di SQL


Artikel ini saya akan share tentang operator logika dalam SQL.

Yang pertama yaitu operator AND 

Yang kedua yaitu operator OR


Untuk menggabungkan karakteristik  di dalam query SQL where   misalnya kita mau tahu semua produk  yang kategorinya handphone dan stoknya lebih dari 5 maka aku adalah segalanya sebagai gambar di bawah ini untuk dicobanya:









Selanjutnya Bagaimana caranya jika kita ingin mengetahui handphone dan stoknya lebih dari 5   kita bisa mengganti n dengan or seperti gambar di atas gambar dibawah adalah eksekusinya maka gambarnya seperti gambar berikut:




Kan masih ada satu lagi operator logika di dalam query SQL   yaitu Not.
Kameranya adalah kita sekarang mempunyai data semua produk  komputer dari tabel produk gambarnya sebagai berikut:



Untuk selanjutnya kita akan belajar syntax command dalam SQL Sintak ini sangat jarang sekali dipakai oleh orang yang bekerja dengan SQL.
Namun ini bagi saya sangat penting sekali Mengapa ?? Karena  syntax ini dapat membantu orang lain untuk lebih mudah memahami query.

Misalkan Saya bingung gue ini untuk melakukan apa sih sebenarnya,  caranya mudah sekali kita hanya perlu memberikan  query sederhana untuk menjelaskan bahwa  query tersebut  untuk menjelaskan apa yang dilakukannya contoh gambar sebagai berikut:




Mengapa kita menulis query seperti ini penjelasannya Seperti di atas itu ya agar query yang kita tulis  tidak lupa kegunaannya dan kuali yang kita tulis pakai komen tidak akan dieksekusi oleh sistem.


demikian share dari saya semoga bermanfaat mohon maaf jika ada kekurangan atau kesalahan pada penulisan dan menjelaskan

0 Response to "Belajar Query My SQL Singkat Padat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel