Bahasa Pemrograman Terpopuler 2020

Bahasa pemrograman adalah rangkaian kata-kata yang berisi instruksi perintah yang hanya bisa dimengerti oleh bahsa komputer. Umumnya dalam pemrograman ada banyak sekali baris coding dalam setiap pembuatan program, website, aplikasi atau software. Bahasa pemrograman ini juga wajib dikuasai oleh seorang progammer agar dapat menciptakan sebuah program salah satunya berbentuk website.
Jumlah bahasa pemrograman saat ini sangat banyak jenisnya, dari sekian banyak bahasa pemrograman saat ini ada beberapa bahasa pemrograman terpopuler yang banyak digunakan para developer. Mereka hanya akan menggunakan bahasa pemrograman 1 sampai 5 saja karena setiap bahasa pemrograman memiliki fungsi dan kegunaan yang berbeda.

Data Bahasa Pemrogaman Populer
Data Bahasa Pemrograman Populer

Fungsi Bahasa Pemrograman

Setiap bahasa pemrograman memiliki fungsi dan kegunaan masing-masing, contoh saja ada bahasa pemrograman untuk database, pemrograman website, tampilan, pemrograman desktop, pemrograman mobile dan yang lainnya. Secara garis besar fungsi utama bahasa pemrograman adalah menerjemahkan alur berfikir yang kita inginkan kedalam suatu program komputer.

Jenis Bahasa Pemrograman


bahasa pemrograman terpopuler
bahasa pemrograman terpopuler

Dalam bahasa pemrograman ada beberapa jenis dan tingkatan bahasa yang perlu Anda ketahui, berikut daftarnya:
  • Bahasa mesin

    Bahasa Assembly
    Bahasa Assembly
Bahasa mesin adalah bahasa pemrograman yang ditujukan kepada mesin komputer dengan memakai angka biner. Untuk bisa menguasai angka-angka nampaknya terlalu sulit karena memang komunikasinya menggunakan angka biner. Contohnya seperti 01100101100110
  • Bahasa tingkat rendah

Bisa disebut juga bahasa assembly, bahasa ini lebih ditujukan kepada mesin. Jadi untuk bisa memahaminya diperlukan waktu yang cukup lama. Alasan bahasa ini sulit dipelajari karena selain harus faham bahasa pemrograman, Anda juga perlu tahu seluk beluk perangkat keras pada komputer. Contoh bahasa tingkat rendah seperti MOV, SUB, CMP, JGE, LOOP dan sebagainnya.
  • Bahasa tingkat menengah

Bahasa tingkat menegah adalah bahasa pemrograman yang menggunakan pencampuran bahasa manusia dan bahasa mesin. Bisanya perintah-perintah yang dituliskan kebanyakan menggunakan simbol-simbol. Contohnya seperti { } ? < > $ &&:; dan sebagaianya.
  • Bahasa tingkat tinggi

    Bahasa Pemrogaman Tingkat Tinggi
    Bahasa Pemrograman Tingkat Tinggi
Bahasa tingkat tinggi yaitu bahasa pemrograman komputer yang sudah menggunakan instruksi-instruksi yang mudah dipahami oleh manusia. Jadi ini lebih mudah jika Anda ingin memulai belajar pemrograman komputer. Berikut contohnya : end, if, while, else, printf, or, begin dan sebagainya.
Pada zaman serba canggih saat ini, Anda sebagai seorang yang faham dalam dunia IT haruslah mengerti tentang bahasa pemrograman. Minimal Anda tahu bahasa pemrograman tingkat tinggi yang memiliki kelebihan yaitu lebih mudah difahami oleh pemula. Nah untuk Anda yang belum tahu, dengan memiliki skill untuk menguasai bahasa pemrograman menjadikan salah satu peluang untuk mendapatkan pekerjaan dengan mudah terutama dalam hal pemrograman.

Bahasa Pemrograman Terpopuler

Lalu apa saja bahasa pemrograman yang sedang populer saat ini? Kami sudah mengumpulkan semua data penggunaan bahasa pemrograman terpopuler dari Stackoveflow.com, Berikut daftarnya:

1. JavaScript


Bahasa Pemrogaman JavaScript
Bahasa Pemrograman JavaScript

Siapa developer website yang tidak mengenal JavaScript? Pasti hampir semuanya tahu tentang JavaScript, bahkan 80% lebih website yang ada di Internet semuanya menggunakan JavaScript. Banyak orang yang memberikan gelar JavaScript adalah bapak bahasa pemrograman, karena memang sudah ada sejak zaman dulu ada. Sekarang ini sudah mulai muncul beberapa framework dari JavaScript seperti Angular.js, React.js, Vue.js, Meteor.js dan lain sebagainya.

2. HTML dan CSS

HTML (HyperText Markup Language) dan CSS (Cascading Style Sheets) adalah salah satu bahasa yang dipakai dalam proses pembuatan website. Fungsi HTML untuk menampilkan informasi pada website dan CSS berfungsi untuk menjadikan tampilan website lebih menarik. Sekarang ini bisa ditemui pada kebanyakan website menggunakan HTML dan CSS untuk pemrograman yang digunakan.

3. SQL

SQL (Structured Query Language) merupakan bahasa pemrograman yang digunakan untuk pengaksesan data dalam database. SQL ini juga menjadi bahasa standart dan banyak digunakan dalam manajemen basis data, salah satunya dalam server manajemen datanya mayoritas menggunakan SQL. Dalam proses pembuatan website, biasanya SQL ini akan dikolaborasikan dengan HTML,CSS, PHP, javaScript dan sebagainya.

4. Phyton


Bahasa Pemrogaman Phyton
Bahasa Pemrograman Phyton

Seperti yang dikutip dari petanikode.com, Phyton menjadi salah satu bahasa pemrograman yang paling mudah dipahami hingga saat ini jika dibandingkan dengan bahasa pemrograman terpopuler lainnya. Struktur bahasa Phyton sangat rapi dan mudah dipahami, sehingga cocok untuk Anda yang baru memulai belajar bahasa pemrograman. Phyton sendiri bisa digunakan dalam pembuatan website, Internet of Things (IoT), Aplikasi Mobile, Aplikasi Desktop dan lain sebagainnya.

5. Java

Bahasa Java sekarang ini sudah berusia lebih dari 20 tahun dan sudah digunakan oleh jutaan programmer di seluruh dunia. Saat ini aplikasi android dan aplikasi mobile 90 persen dalam pembuatannya menggunakan bahasa pemrograman Java. Kelebihan lainnya dari pemrograman Java adalah bisa digunakan lintas platform baik itu mobile atau desktop dan bisa berjalan pada sistem operasi yang berbeda-beda.

6. Bash/Shell/PowerShell


Bahasa Pemrogaman Powershell
Bahasa Pemrograman Powershell

Bash/Shell/PowerShell merupakan program command line interaktif dengan bahasa pemrograman berorientasi pada object (OOP) dan bersifat opern source. Ketiga progam ini bisa Anda temui pada sistem operasi windows atau pada linux. Bahasa pemrograma scripting ini berfungsi menjembatani dari user kepada sistem operasi.

7. C#

Bahasa C# adalah bahasa yang dikembangkan oleh Microsoft. Bahasa C# ini adalah pengabungan dari bahasa C dan C++. Sekarang ini bahasa C# ini banyak digunakan pada aplikasi dan software berbasis windows, jadi sampai sekarang ini kebutuhan akan bahasa C# masih banyak sekali.

8. PHP

Bahasa pemrograman terpopuler nomor delapan adalah PHP atau bisa disebut juga Hypertext Prepocessor. PHP ini biasanya dikolaborasikan dengan HTML dan CSS dalam pembuatan suatu website. Fungsi lain yang dimiliki PHP adalah bisa connect dengan database MySQL sehingga banyak orang yang menggunakannya termasuk pada CMS WordPress.

9. C++


Bahasa Pemrogaman C++
Bahasa Pemrograman C++

Bahasa populer selanjutnya adalah pengembangan dari bahasa C. Bahasa pemrograman C dan C++ memiliki sintak penulisan yang hampir sama tetapi berbeda dalam orientasinya, jika bahasa C masih menggunakan sub-sub masalah, sedangkan untuk bahasa C++ sudah berorientasi pada objek dengan dibagi kedalam class-class.

10. TypeScript

Bahasa pemrograman terpopuler nomor sepuluh adalah TypeScript. TypeScript adalah bahasa pemrograman milik Microsoft yang berbasis JavaScript yang lebih memudahkan developer dalam mengembangkan website berbasis JavaScript.
sumber hosting.id

0 Response to "Bahasa Pemrograman Terpopuler 2020"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel